Sabtu, 01 Mei 2010

Tahukah Kamu?

Superman Tahukah Kamu ?



Pencipta Superman keberatan atas penggunaan nama Kryptoniteyang digunakan produsen perawatan rambut, Wella Corp. Soalnya perusahaan inimemakai nama itu untuk salah satu produknya, yakni gel rambut hijau. PenciptaSuperman tak main-main, sehingga pihaknya mengajukan gugatan ke



Yoyo Tahukah Kamu ?

Anda mungkin berpikir bahwa senjata adalah sebuah alat yang berbahaya danharus dihindari. Tetapi, jika anda pernah memainkan Yoyo, berarti anda sudahmemainkan sebuah senjata.Yoyo sudah ada sejak lama, tetapi baru tiba dandikenal di Amerika pada tahun 1929. Orang Filipina membuat Yoyo dari batangpohon yang merambat yang ujung-ujungnya diikatkan dengan batu-batu keras.Mereka melempar batu-batu itu dengan menarik batang rambatnya.Yoyo pertama diAmerika terbuat dari kayu. Donald Duncan mempunyai ide dengan meminta orangFilipina memperagakan Yoyo di pusat perbelanjaan. Demikianlah orang Amerikamenyadari bahwa Yoyo juga dapat dipergunakan sebagai mainan. Akhirnya, Yoyodibuat dari bahan plastik warna-warni dan dapat dibeli di toko mainan. NamaYoyo berasal dari bahasa Tagalog Filipina, yang mempunyai arti “Mari, Mari”




Suara paling keras Tahukah Kamu ?

Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikanpaus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewanterbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor HarleyDavidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, danjuga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus birutersebut?

Suara ikan tersebut adalah 188 desibel! Angka ini samadengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secaralogaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatanintensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semuauntuk bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut tinggalnya di dalam laut.





Air Terjun Niagara pernah berhenti mengalir! Tahukah Kamu ?

Pagi hari pada tanggal 29 Maret 1948 merupakan hari istimewa. Paraturis yang mengunjungi air terjun Niagara di perbatasanAmerika-Kanada terheran-heran saat air terjun itu berhenti mengalir. Merekamenyaksikan air terjun itu mengering, cuma menyisakan bebatuan dengan beberapagenangan air di dasar aliran sungai. Apa yang membuat Niagaramengering? Angin kencang dan bongkahan besar es rupanya telah memblokir aliranDanai Erie yang menjadi sumber air terjun Niagara,sehingga air terjun tersebut menjadi “lenyap”. Kira-kira tiga puluh jam setelahNiagara berhenti mengalir, bongkahan es tadi pecah, danselanjutnya aliran kencang air kembali mengalir, dan air terjun Niagarakembali menggemuruh, hingga saat ini.






Mendengarkan fileberformat PDF Tahukah kamu?

Salah satu fitur yang menarik dari Adobe Acrobat adalah software ini dapatmembaca File PDF anda dan mengeluarkannya dalam format audio. Yang andabutuhkan hanyalah kombinasi dari beberapa tombol keyboard berikut.

Ctrl+Shift+B: Jika anda mau mendengarkan teks secara penuh

Ctrl+Shift+V: Mendengarkan halaman yang sedang ditampilkan

Ctrl+Shift+E: Menghentikan audio

Ctrl+Shift+C: Mengulang












Berapa lama usia pohon dan semak-semak dapat bertahan?

Pohon dan semak-semak umumnya hidup lebih dari dua tahun. Semak-semak biasanya bisa bertahan hingga tiga tahun, tetapi pohon biasanya dapat hidup lebih lama. Pohon yang ditemukan hidup paling lama di dunia adalah salah satu pohon jenis bristlecone pine (sejenis pohon pinus dan cemara) dan berusia 4.767 tahun.






Berapa banyak tulang yang kita miliki?

Anak bayi yang baru lahir memiliki 270 tulang. Beberapa tulang akan bergabung menjadi satu saat kita mulai dewasa dan saat itu, tulang yang dimiliki oleh orang dewasa menjadi 206. Pada bagian pusat, terdapat 74 tulang, termasuk 26 tulang punggung, 22 pada bagian tengkorak dan 25 pada bagian-bagian yang disebut rusuk. Tangan dan kaki memiliki 126 tulang, 62 di kaki dan 64 di tangan. Telinga kita sendiri juga memiliki 6 buah tulang.




Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang?

Jam-jam setelah makan siang, biasanya adalah masa-masa yang paling susah dilewati. Walaupun malam sebelumnya kita sudah cukup tidur, tetap saja kita merasa mengantuk. Ada dua hal yang menyebabkan kita merasa ingin tidur siang



1. L-Tryptophan

L-Tryptophan adalah asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya niacin, vitamin B. Niacin sendiri akan dipakai untuk membuat serotonin, zat penghantar sinyal di otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita jatuh tertidur.



Makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, yang akan menyimpan makanan dalam tubuh. Beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot. Akibatnya, akan terjadi peningkatan pada konsentrasi relatif L-Tryptophan dalam darah dan serotonin yang terbentuk membuat kita mengantuk.



2. Proses pencernaan makanan

Tubuh akan mengirimkan darah ke sistem pencernaan karena proses pencernaan membutuhkan energi yang cukup besar, apalagi kalau makanan yang perlu dicerna mengandung banyak lemak. Energi yang diperlukan juga akan semakin bertambah besar seiring dengan semakin banyaknya makanan yang kita konsumsi. Pada saat ini, sistem saraf juga menyumbangkan sebagian stok darahnya dan sebagai akibatnya, sistem saraf akan mengalami kekurangan oksigen untuk sementara. Menurunnya efektivitas kerja saraf pada saat sistem pencernaan bekerja inilah yang juga membuat kita ingin tidur siang.






Gelas termasuk benda padat, tetapi mengapa gelas terlihat bening?

Molekul dari benda padat biasanya saling mengikat dengan rapat, karena itu umumnya sinar tidak dapat menembus benda padat. Pada cairan dan gas, molekul-molekul bergerak bebas dan memiliki banyak ruang kosong diantara molekulnya. Itulah sebabnya sinar dengan mudah menembus material seperti gas dan air. Gelas dibuat dengan cara melebur pasir dan mendinginkannya kembali. Bahan yang terbentuk akhirnya menjadi padat dan kaku, tetapi masih memiliki molekul yang bebas bergerak seperti sifat molekul pada cairan, sehingga ruang kosong diantara molekul gelas tersebut bisa dilewati oleh cahaya, walaupun gelas adalah benda padat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2